Resume Pengembangan Keilmuan - CSI FEB
Resume Pengembangan Keilmuan

Resume Pengembangan Keilmuan

Share This

Resume Pengembangan Keilmuan
"One Month One Book"
Nama : Nur Anisha, hanifah, aminul
Buku : Pemulihan Jiwa
  • ·         Tidak ada masalah diluar diri kita

Kebahagiaan semakin tidak mudah dirasa ketika manusia bertambah TAHU bukan bertambah MENGERTI. Berdamailah dengan diri sendiri dengan sebaik mungkin, sebab masalah diluar memang tidak pernah ada  “masalah” baru akan menjadi masalah saat kita mengalami masalah dengan perasaan kita sendiri. Karena TAHU tetapi tidak mengerti akan membuat kita terjebak dalam rasa sakit yang sebenarnya klise.
Bila kita menghargai diri kita:
-          Kita akan selalu mencintai diri kita dengan selalu menganggap diri kita penting
-          Kita akan selalu menggunakan waktu sebaik mungkin yang berdampak positif bagi masa depan
-          Kita akan berpikir dan meyakini cita-cita dan tujuan yang besar
  • ·         Apa itu pendewasaan?

Pendewaan merupakan berpikir sebelum bertindak dan berpikir sebelum memasukkan sesuatu kedalam hati. Bila kita mengerti bahwa rasa sakit itu memang harus ada , maka dia tidak akan benar-benar sakit karena kita tahu tujuannya adalah pendewaan.
Apabila kita sedang kecewa dengan orang lain. “kok dia begitu sih? Mengapa dia begini sama saya?” bila kekecewaan tidak terselesaikan, kemudian mindset akan berubah seperti ”memang semua salah saya, memang saya tidak bias diandalkan”. Hal ini merupakan bentuk penghakiman terhadap diri sendiri, yang akan membuat diri menjadi apatis, apatis yaitu cuek, dingin terhadap hal yang lebih baik, akibatnya diri kita tidak dapat berkembang. Oleh karena itu kita harus bias memaafkan orang lain dan memaafkan diri sendiri karena segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah. Ketahuilah bahwa Allah hanya meminjam orang lain untuk membentuk diri kita menjadi lebih dewasa dan lebih sempurna.
  • Marah

Marah adalah gejala lupa… lupa bahwa dirimu sebenarnya SUCI. Marah juga pemborosan energy, tetapi tidak perlu mengeluarkan energy untuk bahagia. Diri kita harus menguasai perasaan bukan perasaan yang menguasai diri kita. Contohnya apabila takut berbicara didepan umum, ini sudah jelas bahwa alam bawah sadar meremehkan diri kita sendiri. Coba kita merasa penting dan orang-orang yang sedang mendengarkan kita posisinya sangat membutuhkan dan ingin belajar dari anda, pasti kita akan lebih berani berbicara didepan umum.
  • Bersyukur

Rezeki 10.000 akan terasa 10.000 bila disyukuri, tetapi uang 1 milyar tanpa bersyukur akan berlalu tanpa bekas. Rasa syukur itu ada tiga jenis
1.      Bersyukur atas apa yang sudah pernah dimiliki, meskipun sekarang sudah tidak ada ditangan kita. Semua kebaikan Allah dimasa lalu tidak boleh dilupakan hanya karena suatu masalah yang sedang dihadapi. Bentuk sukur seperti ini mengajarkan kita untuk ikhlas.
2.      Bersyukur  atas apa yang masih kita miliki dan rasakan sekarang. Bersyukur masih diberi kesehatan, pakaian, rasa nyaman, dll. Hal ini mungkin sepele tapi semua itu patut disyukuri karena “kita tidak pernah tahu bahwa sebuah ucapan syukur telah menarik banyak rezeki dalam hidup kita”. Bentuk syukur ini semata-mata menunjukkan bahwa kita tahu diri untuk berterimakasih kepada Allah sehingga nikmat ini terus dipertahankan olehNya.
3.      Bersyukur atas nikmat yang belum kita miliki tetapi yakin akan memilikinya, rasa syukur ini sudah melibatkan iman, misalnya “Alhamdulillah bersyukur sudah punya rumah 2 lantai dengan garasi serta kolam renang dan 3 mobil”, berarti yang belum dimiliki seolah-olah sudah kita miliki. Bentuk syukur ini bertujuan agar kita benar-benar mendapatkannya, nikmatilah semua hal yang kita rindukan untuksegera terjadi, karena kita sanggup mensyukurinya sebelum dimiliki.
Hal-hal yang dapat mempengaruhi pikiran kita
-          Sering mendengar orang mengeluh
-          Berkumpul atau berteman dengan  orang-orang yang pikiran bawah sadarnya sudah terlebih dahulu terisi program negative
-          Sering mengatakan hal yang negative tentang diri sendiri
-          Melihat tontonan negative

-          Pernah mengalami suatu kegagalan dan belum ada resolusinya sehingga cenderung menyalahkan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages