- CSI FEB
Share This

Bersyukur.

Hai sahabat..
Pernah ngga  sih merasa bahagia dan senang atas sesuatu yang kita rasakan? mungkin setiap dari kita pernah merasakanya kan, tapi pernah ngga sih kita bersyukur atas apa yang kita terima dari Allah, mungkin jawaban kita : "pernah kok tapi jarang  sih"/"pernah kok tapi kalo inget aja"/" Sering kok beryukur bilang alhamdulillah ".

Bersyukur sebenarnya tidaklah cukup hanya mengucapkan “alhamdulilah”. Tidak cukup dengan kata-kata yang diucapkan dari mulut saja, tetapi juga dengan hati dan anggota badannya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah, “Syukur (yang sebenarnya) adalah dengan hati, lisan, dan anggota badan.”

1. Bersyukur dengan lisan, yaitu dengan memperbanyak mengucapkan hamdalah, sebagaimana perintah Allah subhanahu wa ta’ala, “Katakanlah: Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).” (QS. Al- Isra: 111 dan QS. An-Naml: 93)

2. Bersyukur dengan hati, yaitu dengan meyakini bahwa seluruh nikmat bersumber dari Allah subahnahu wa ta’ala. Allah berfirman, “ Segala nikmat yang ada pada diri kalian (datangnya) dari Allah (QS. An-Nahl: 53)

3. Bersyukur dengan anggota badan, yaitu mempergunkan nimat Allah untuk ketaatan pada-Nya, bukan untuk berbuat maksiat. Syukur jenis ini amatlah berat, sehingga hanya segelintir hamba-Nya saja yang mengamalkannya.

Allah berfirman, “Wahai keluarga Dawud, beramallah sebagai bentuk syukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali di antara para hamba-Ku yang bersyukur. (QS. Saba: 13)

Jadi sahabat, sekecil apapun nikmat yang kita Terima, hendaklah kita bersyukur kepada-Nya. Karena apabila kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat yang lebih lebar kepada kita, tapi sebaliknya apabila kufur, hanya azab yang akan kita Terima.

#Alhamdulilah
#tukangcilok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages