- CSI FEB
Share This

Flashback Kazani

21 Maret 2019

Assalamualaikum gaess fillah
Owh iya, masih inget gaa acara kita? Acara kazani pembuka itu lhoo? Temanya apa hayoo?
Kalau yang masih inget, pasti bakalan tau, temanya itu "Change Mindset Mahasiswa Zaman Now"

  Nah kita bakal sedikit flashback nih. Ini penting banget buat kalian, soalnya ini hal fundamental yang harus dimurajaah-in (mengingat kembali/mengulang) yakni berbicara tentang mindset.

  Apa itu mindset? Menurut Adi W Gunawan, seorang Pakar Hipnoterapi, mindset adalah "Belief's that affect somebody’s attitude; a set of beliefs a way of thinking that determine sombebody’s behavior and outlook" (Kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang).

  Nah terkait dengan definisi mindset diatas, maka dari itu kita adain acara kajian ini, supaya temen-temen khususnya mahasiswa baru bisa membentuk mindset atau acara berfikir agar dapat menjalani akfitas kampus dengan baik sehingga meraih masa depan yang cerah dengan melibatkan Allah dalam setiap aktivitas yang dijalani.

  Saat ini anak muda yang sedang menempuh pendidikan khususnya ditingkat uiversitas seringkali keluar dari jalur yang seharusnya mereka tempuh. Banyak dari mereka yang memiliki cita-cita besar sebelum masuk kampus impian mereka. Namun cita-cita itu pupus ketika mereka telah mengarungi perjalanan didunia kampus, karena tergiur oleh beberapa macam hal yang akhirnya malah menggagalkan impian mereka sendiri.

  Ada pula mahasiswa yang sebelum dan sesudah masuk kampus tak memiliki sesuatu yang dituju. Dengan kata lain, ini adalah kebalikan dari yang telah dibahas diatas. Mereka hanya berfikir, kuliah hanyalah sarana untuk belajar lalu lulus mendapat ijazah dan setelah itu bekerja. Maka disinilah titik dimana kita harus mengadakan acara kajian yang mengusung tema "Change Mindset Mahasiswa Zaman Know."

  Menurut pamateri, yakni Ust. Dr. Arrazy Hasyim, MA. (Imam Masjid Perancis, Dosen Darus Sunnah Institute) serta Fahrizal Amir (Wakil Presiden Mahasiswa IPB 2017) untuk mahasiswa yang mempunyai mimpi besar, maka harus menjaga dan selalu perbarui semangatnya serta niatnya. Jikalau bosan dan jenuh dengan kegiatan kampus, maka kita bisa merefreshing diri dengan melakukan hal-hal yang membuat kita tenang dan relax, seperti halnya menonton film, membaca komik dan lain sebagainya asalkan tidak melanggar syariat.

  Lalu untuk mahasiswa yang tidak memiliki cita-cita setelah menempuh lika-liku kampus, pemateri membuat dua hal yang harus dilakukan yakni melihat orang-orang disekeliling mereka khususnya dindonesia dan melihat kondisi didunia saat ini. Dengan melihat keadaan disekeliling kita khususnya di Indonesia yang mana masih terdapat banyak sekali orang-orang miskin, maka kita sendiri akan membentuk diri kita untuk lebih peduli dengan orang lain yang sangat membutuhkan bantuan serta uluran tangan kita. Yang akhirnya kita akan menjadi mahasiswa yang mementingkan keadilan serta menjadi sarjana yang menciptakan sumber kretifitas yang dapat berguna bagi masyarakat banyak.

  Lalu, yang kedua adalah dengan melihat kondisi dunia saat ini yang mana persaingan tenaga kerja semakin ketat dan dibutuhan sosok atau pribadi yang kreatif yang menciptakan kemaslahatan bagi banyak orang. Maka dengan itu mahasiswa saat ini dituntut untuk menjadi mahasiswa yang ulet, disiplin serta memiliki daya jelajah kreatifitas yang tinggi yang mana ini dapat dilakukan dengan melihat dunia luar, membaca berita tentang perkembangan apa saja yang telah dicapai dunia saat ini. Namun itu semua dilakukan dengan niat semata-mata untuk mengabdi kepada Allah sehingga jalan yang kita kita lalui senantiasa diberkahi oleh Allah dan menjadi pundi pundi pahala yang menyelamatkan kita semua diakhirat-Nya kelak.

  Mungkin itu saja gaes yang dapat mimin share ke kalian semua, semoga bermanfaat bagi kalian semua sehingga kalian menjadi mahasiswa dan sarjana yang telah disebutkan diatas.
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages