Seseibuk apakah? - CSI FEB
Seseibuk apakah?

Seseibuk apakah?

Share This


Sesibuk Apakah Dirimu?

Assalamu’alaikum sahabat muslim dan muslimah.....
Gimana kabarnya Guysfillah?  Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat. Aamiin...
Nah pada kesempatan kali ini kita mau membahas mengenai sholat wajib.

   Kalian tau kan sesibuk apapun kita tidak boleh meninggalkan sholat wajib. Sholat merupakan rukun islam yang ke-dua, maka dari itu sholat menjadi keutamaan seorang muslim selama hidupnya. Dalam hadist riwayat Muslim no. 16 Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam bersabda “Islam itu dibangun di atas lima perkara, yaitu: bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke Baitulloh, dan berpuasa pada bulan Rahmadhan”.

   Dengan sabda nabi tersebut kita sebagai umat islam harus memenuhi lima perkara itu. Selain itu mengerjakan sholat merupakan pembeda antara seorang muslim dengan orang kafir. Hal tersebut tercantum dalam hadist riwayat Muslim no. 978 yang berbunyi “Sesungguhnya batasan antara seseorang dengan kekafiran dan kesyirikan adalah shalat. Barangsiapa meninggalkan shalat, maka ia kafir”.

   Serem banget kan Guysfillah kalau kita sampai melewatkan sholat wajib. Allah SWT tidak akan menyulitkan hambanya kok untuk mengerjakan sholat lima waktu. Pasti kalian pun sudah tau jika kita tidak sanggup mengerjakkan sholat dengan cara berdiri maka kita diperbolehkan untuk mengerjakannya dengan cara duduk. Jika tidak sanggup juga maka kita dapat mengerjakannya dengan cara berbaring. Hayoo alasan apalagi yang membuat kita tidak bisa mengerjakan sholat wajib.

   Mari kita ingat lagi firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 185 yang artinya “Allah menghendaki kemudahan bagi mu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”.  Kemudian jika kalian kesulitan untuk berwudhu, mungkin kalau kita lagi di transportasi dalam perjalanaan jauh atau sedang kemah di gunung yang sulit mendapatkan air, atau dimana pun yang membuat kalian sulit untuk melakukan wudhu Allah SWT telah memudahkan dengan bertayammum.

   Tayammum merupakan pengganti wudhu yang dapat menggunakan debu, krikil, tanah dan pasir. Tayammum telah dianjurkan dalam Q.S Al-Maidah ayat 6 yang berbunyi “Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (Suci) usaplah wajahmu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatnya bagimu, agar kamu bersyukur.”

   Dengan demikian tidak ada alasan lagi bagi kita untuk meninggalkan sholat kan guyss. So sesibuk apapun dalam keadaan apapun atau dimanapun kamu berada jangan pernah meninggalkan sholat wajib. Semua sangat mudah dijalankan jika kalian benar-benar bertakwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages