Dampak PSBB Terhadap Perekonomian di Indonesia - CSI FEB
Dampak PSBB Terhadap Perekonomian di Indonesia

Dampak PSBB Terhadap Perekonomian di Indonesia

Share This
┏ ﷽ 🌏💡●●━━━━━━━━┓                                 
            TAU GAK SIH???                 
┗━━━━━━━━●●●📔❓━┛ ﷽
🍃Assalamu'alaikum Guys Fillah, gimana nih kabarnya??
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT yaa. Aamiin.
📌Saat ini pemerintah tengah mencari solusi untuk mengatasi pandemik ini, karena sampai saat ini penyebaran Covid-19 semakin signifikan.Pemerintah diharapkan menerapkan sistem lockdown seperti yang dilakukan beberapa negara agar virus corona tidak semakin meluas.
Namun apakah sistem lockdown cocok untuk  ekonomi Indonesia?


📝“Di satu sisi, keputusan Lockdown diperkirakan akan dapat mencegah penyebaran Covid 19 dari luar Indonesia ke dalam negeri. Tetapi, dalam konteks Indonesia, mengingat penyebaran Covid 19 sudah masuk dan menyebar ke dalam negeri, maka kebijakan lockdown cenderung tidak efektif dan counter-productive.”
🔖Saat ini yang dilakukan pemerintah adalah kebijakan pembatasan sosial alias  social distancing  skala besar. Hal ini diatur dalam pasal 59 UU Nomor 6 tahun 2018. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan bagian dari upaya memutus wabah, dengan mencegah interaksi sosial skala besar dari orang-orang di suatu wilayah.
Paling sedikit yang dilakukan dalam situasi  social distancing  skala besar adalah sekolah dan kantor diliburkan, acara keagamaan dibatasi atau kegiatan yang skalanya besar dibatasi.
"Lalu dgn adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) apakah akan berpengaruh untuk aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia?"
📈Menurut ekonom Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara PSBB ini akan berdampak terhadap semua sektor bisnis di Jakarta.
📍Utamanya bagi sektor-sektor yang bukan bergerak dalam penyediaan kebutuhan dasar. Memang impact-nya cukup besar. Pertama dampaknya hampir merata ke semua sektor, mulai dari perkantoran yang tidak esensial kan wajib diliburkan. "
📝Namun, dampak langsung PSBB akan sangat terasa bagi masyakarat yang bekerja di sektor informal, khususnya driver ojek online (ojol). Pasalnya, di halaman 23 poin (i) Permenkes tersebut, pemerintah melarang driver ojol mengangkut penumpang.
"Kemudian dengan diliburkannya kantor maka efeknya pada masyarakat kelas menengah bawah yang upahnya harian, kemudian pedagang asongan. Jadi rantai pasok ekonomi di Jakarta ini sangat terdampak".
Nahh, mungkin sedikit gambaran tentang aktivitas perekonomian Indonesia saat ini. 🌍
Mau tauu gimana kelanjutannya❓❓
📎Dan kelanjutannya akan kami bahas selengkapnya di acara NGOPI, Jangan sampai ketinggalan yaa‼️

#3rdTauGakSih
#LearnToBeCreativeForDakwahMoreFantastic
#KeilmuanLDKSyahidFEB
#LDKSyahidFEB
#TogetherToBeBetter
#LDKSyahidUINJkt
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
⬇FOLLOW US!⬇
Media Sosial LDK Syahid FEB
(Langsung Click)
.
📷 IG : http://bit.ly/Igldksfeb
🐦 Twitt : http://bit.ly/Twittldksfeb
👤 FB : http://bit.ly/Fbldksfeb
📱 LINE : http://bit.ly/Lineldksfeb
📹 YT : http://bit.ly/Ytldksfeb
🌐 Web : http://bit.ly/Webldksfeb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages