[Notulensi NOBITA] Urgensi Tarbiyah - CSI FEB
[Notulensi NOBITA] Urgensi Tarbiyah

[Notulensi NOBITA] Urgensi Tarbiyah

Share This


Alhamdulillahirabbil 'Alamin telah dilaksanakan kajian online NOBITA pada Ahad, 17 Mei 2020. Semoga Allah swt mudahkan kita dalam menuntut ilmu :)


Notulensi Nobita #3
Urgensi Tarbiyah
Pemateri : Kak Abdillah Ahsan.

Urgensi Tarbiyah : Pentingnya Pendidikan
Tujuan islam datang adalah untuk mentarbiyah ummat manusia agar beribadah kepada Allah, dan menciptakan masyarakat madani.
Tarbiyah dimulai sejak manusia pertama ada yaitu:
1. Nabi Adam AS
Allah mengajarkan nabi adam segala sesuatu yang ada di bumi agar nabi adam tahu.
2. Nabi Nuh AS
Allah mentarbiyah Nabi Nuh dengan mewahyukan untuk membuat kapal bahtera.
3. Nabi Ibrahim AS
Ditarbiyah oleh Allah dengan hikmah
Nabi Ibrahim Tidak kunjung di berikan keturunan,pun saat diberikan keturunan Allah memerintahkan untuk menyembelihnya.
4.  Nabi Muhammad SAW
Dimulai saat malaikat jibril memberikan wahyu pertama atas perintah Allah yang berbunyi, Iqra’ bismirabbikallazi khalaq
Bacalah dengan nama tuhanmu yang menciptakan. Makna membaca disini tidak hanya membaca buku, melainkan membaca segala yang ada di kehidupan melalui kacamata Allah.
Tarbiyah tidak bisa lepas dari dakwah. Karena dakwah adalah buah dari tarbiyah. Saat Rasul berdakwah dengan sirriyah (sembunyi-sembunyi) Rasul mentarbiyah para sahabat di rumah Arqam bil Abil Arqam.

Saat nabi Muhammad mendeklarasikam drinya ssebagai Rasul memulai dakwah kepada keluarganya, yakni Bani Hasyim. Maka dari sini lah, dimulai nya pertikaian nabi dengan keluarganya. Mereka paham konsekuensi dari pengakuan bahwa Rasullulah adalah utusan Allah, dan konsekuensi untuk mengikuti rasulullah itulah yang mereka tidak sanggup, maka mereka menjadi penentang.
Bentuk tarbiyah Allah kepada rasul yang lain, adalah saat rasul bermuka masam kepada Abdullah bin Ummi Maktum, orang buta yang datang bertanya tentang islam. Allah turunkan surah Abasa untuk mengajarkan rasul.

Lalu saat Hamzah dan Umar bin Khattab masuk islam, Rasul dan para sahabat mulai berani sholat di ka’bah, Membaca qur’an keras2. Sampai akhirnya tawaran damai datang dari orang kafir.
Yang kita kenal peristiwa penawaran untuk menyembah tuhan mereka bergantian.
Maka rasul secara tegas menolak dan turunlah surat al kaafirun, ini juga merupakan proses tarbiyah.
Lalu peristiwa-peristiwa setelah itu, yakni peristiwa hijrah nya Nabi ke Madinah, perintah Allah untuk memerangi kaum kafir Quraisy, peristiwa fathul Mekkah semuanya tak lepas dari proses tarbiyah.
Sampai pada akhirnya islam berkembang menguasai 2/3 dunia dan terbentuklah peradaban islam yang maju, hal itu pun berkat proses tarbiyah.

Bagaimana proses tarbiyah Rasulullah?
• Membaca
• Penyucian Jiwa
• Mengajarkan Alquran dan sunnah

Hingga datanglah kepada kita anugrah yang besar yaitu berupa
Pengetahuan, kemuliaan, kekuatan, dan persatuan.
Maka jadilah kita umat terbaik dari tarbiyah ini. Seperti dalam surah Ali imran : 110
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّا سِ تَأْمُرُوْنَ بِا لْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ ۗ ..

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 110)

Maka saat umat islam justru kembali kepada kejahilian, tarbiyah adalah solusi. Untuk memperbaiki akhlak ummat islam itu sendiri agar menjadi ummat terbaik.
Mentoring yang kita lakukan saat ini, sejatinya untuk mentarbiyah diri kita dengan memperbaiki aqidah, ibadah, dan akhlak. Seperti yang rasul lakukan dalam mentarbiyah para sahabat.

Kesimpulan :
Tarbiyahlah yang menjadi fakta sejarah bahwa inilah cara rasul memperbaiki ummat yang jahiliyah. Inilah yang harus kita lakukan karena islam kembali kepada kejahiliahan. Maka tarbiyah menjadi solusi agar ummat ini menjadi lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages