[PRESS RELEASE KUBIS "Kupas Seputar Bisnis"] - CSI FEB
 [PRESS RELEASE KUBIS "Kupas Seputar Bisnis"]

[PRESS RELEASE KUBIS "Kupas Seputar Bisnis"]

Share This

KOLABORASI

BSO AL-IQTISHODI FE UNJ X LSO LDKS FEB UIN JAKARTA


 [PRESS RELEASE KUBIS "Kupas Seputar Bisnis"]


šŸŒ Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh šŸŒ 


šŸ“† Sabtu, 26 September 2020

⏰ Pukul 15.30 s.d 17.50

šŸ“Œ Zoom Meeting

šŸ—£️ 1. Hikam Athoillah

2. Fakhri Yasher S.Pd

šŸ‘„ 80 peserta


Pemaparan Materi 1

"Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Bisnis Online di Masa Pandemi"

Pembicara : Hikam Athoillah


Dampak ekonomi di masa pandemi :

1. Menurunnya daya beli masyarakat

2. Meningkatnya pengangguran

3. Nilai ekspor dan impor menurun

4. Kerugian yang diperkirakan lebih dari ratusan milyar


Definisi generasi milenial :

Generasi milenial adalah generasi yang lahir dan dibesarkan dalam rentang tahun 1982 sampai tahun 2000. 


Apa hubungannya milenial dengan pandemi?

Generasi milenial memiliki kebiasaan serba mengandalkan digitalisasi dan virtualisasi dalam mengisi waktunya sehari-hari.


Kebiasaan milenial :

Bermain game

Nonton film/drakor

Asik bermain sosmed


Ciri-ciri generasi milenial :

Cenderung bergantung pada teknologi, kreatif, terbuka pada perubahan, percaya diri, kaya informasi, berorientasi tim, tidak sabaran, dan mudah beradaptasi. 


Saat ini tentunya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dan membawa masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid-19 dengan menjadi sociopreneur dan local heroes.


Tips bisnis kreatif sederhana yang dapat dilakukan generasi milenial :

1. Kuliner daring

Hanya butuh sedikit modal dan kepiawaian dalam mengkreasikan masakan tersebut agar menarik di tampilan di media sosial

2. Menjadi reseller / dropshipper

Bagi yang ingin memulai bisnis online tanpa modal yang terlalu besar, dapat mencoba peluang ini

Reseller => harus nyetok barang dulu

Dropshipper => langsung diantar dari penjual ke pembeli

3. Menjual barang yang sudah tidak dipakai

Seperti pakaian dan barang lainnya, ini dapat dijajakan melalui media sosial.

4. Jual pulsa dan kuota internet

Kebutuhan pulsa dan quota internet bagi sebagian orang dapat anda manfaatkan dengan berjualan quota internet dan pulsa

5. Jual voucher game online

Semakin meningkatnya peminat game online, terutama dalam masa pandemi covid-19, anda dapat manfaatkan dengan berjualan voucher game online

6. Start your own online business

Dream and take action


Sesi Tanya Jawab

1. Rani Wulandari - UNJ :

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan dengan konsisten. Bagaimana bisnis yang dijalankan dapat konsisten?

=> 

1. Harus punya impian yang besar. Karena impian merupakan bahan bakar untuk kita bergerak. Contohnya : ingin membelikan rumah orang tua. Harus kerja keras untuk menggapai impian tersebut.

2. Kepepet. Sesuatu yang dapat memulai usaha. Contohnya karena pandemi covid-19 ini, banyak orang-orang yang mencoba memulai bisnis.


2. Fachri Afsi - USU :

Bagaimana cara yang efektif dan efisien untuk menggerakkan generasi muda agar termotivasi dan tertarik untuk mencoba dan mendirikan sebuah bisnis?

=>

1. Edukasi 

Contohnya dengan acara ini, kita sedang mengedukasi diri sendiri untuk memulai bisnis. Bagaimana kita tau harus memulai bisnis, jika kita saja tidak tau apa itu bisnis. Maka, kunci pertama kita harus tau apa itu bisnis dengan edukasi.

2. Motivasi diri sendiri

Carilah alasan untuk apa kita berbisnis. Memulai bisnis itu baik. Kenapa kita ga mulai dari sekarang?

3. Cari inspirasi

Carilah orang-orang yang bisa membuat kita terinspirasi dari mereka. 


Closing Statement

Pada akhirnya, rentetan permasalahan yang ditimbulkan oleh pandem Covid-19 bukanlah tugas dari pemerintah semata namun juga tugas bersama selaku masyarakat dalam sebuah negara.

Pemerintah kuat karena support rakyat. 

Mari kita bangkit...


Pemaparan Materi 2

"Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Bisnis Online di Masa Pandemi"

Pembicara: Fakhri Yasher S.Pd


Sejarah islam sangat luar biasa dalam bidang ekonomi dan hal tersebut diharapkan untuk para anak muda seperti kita ini bisa termotivasi dan ikut serta dalam membangkitkan ekonomi umat khususnya ekonomi di Indonesia.


Saat ini, kita sebagai anak muda kita memiliki keresahan yang sama yaitu bagaimana kita bisa bertahan dan ikut serta dalam membangkitkan perekonomian indonesia, yang saat ini bisa kita lihat sendiri di setiap harinya banyak berita berita yang kita lihat melalui tv sampai media sosial mengabarkan bahwa perekonomian Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja karena dampak dari pandemi Covid-19 ini.


Kondisi negara kita saat ini sedang memasuki jurang resesi kuartal pertama, yang mana bila tidak ada tindakan dari pemerintah ataupun masyarakat akan menjurus kepada yang namanya depresi nasional hal ini disebabkan karena pendapatan nasional yang kian hari terus mengalami penurunan. Hal disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

- konsumsi rumah tangga ⬇️

- investasi ⬇️

- pengeluaran pemerintah ⬆️

- ekspor dan impor ⬇️


Kondisi resesi ini diatasi pemerintah dengan memberi bantuan ke masyarakat. Dan hal ini bisa kita lihat bahwasanya pemerintah sedang mengupayakan untuk menstabilkan kondisi ini dengan memberi stimulus berupa bantuan tunai dan sebagainya agar masyarakat bisa tetap melakukan pembelanjaan dan diharapkan terjadi peningkatan pada aspek konsumsi masyarakat. Peran kita generasi muda diharapkan bisa sama sama mengupayakan untuk menaikkan tingkat konsumsi dan investasi.


Kita sebagai umat muslim dikondisi pandemi seperti ini kita harus  melakukan hal hal yang bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah, agar Allah senantiasa memberi jalan kepada kita dan mampu bangkit dari masa pandemi ini. Jika kita ingin sukses dalam berbinis kita harus dekat dengan allah agar allah membukakan jalan dan pintu rezeki kepada kita apalagi ketika kita baru mulai untuk merintis sebuah usaha


Kesuksesan dalam islam bukan diukur dengan harta, tetapi bagaimana kita bisa menafkahi diri sendiri dan keluarga dirumah dengan rezeki yang halal, menjauhkan diri dari riba, dan ikut serta dalam berbagai agenda kebaikan seperti kajian dsb untuk menambah wawasan kita dam memperluas relasi yang kita punya


Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan bisnis (strategi Abdurahman bin Auf)

1. Riset Pasar

- masalah, mengidentifikasi masalah yang tengah kita hadapi (mis. saat ini masalah yang sedang kita hadapi adalah pandemi)

- kebutuhan, melihat peluang sekiranya kebutuhan yang sedang dibutuhkan masyarakat dan peluang repeat ordernya tinggi

(mis.dipandemi peluang usaha yang bisa dilakukan ini seperti handsanitizer atau masker)

- keinginan, mengidentifikasi apa yang di inginkan masyarakat (mis.di era pandemi ini yang diinginkan masyarakat ialah jemput bola atau pengantaran barang)


2. Cash

Lakukan pembayaran dengan tunai dan jangan memberi celah orang untuk berhutang, bukan berarti hutang tidak boleh tetapi sebisa mungkin untuk menghindari hutang. 


3. Untung / Profit Kecil

Strategi Abdurrahman bin Auf ialah untung kecil tetapi mendapatkan volume besar agar meningkatkan repeat order. Boleh kita mengambil untung besar asal itu tidak menjurus kepada dzolim.


4. Kualitas Produk Bagus

Sebelum barang sampai ketangan konsumen kita harus memastikan produk yang kita jual sudah memiliki quality control yang baik. Jangan sampai kita mengecewakan pelanggan dengan memberikan produk dengan kualitas yang buruk dan pelayanan yang buruk.


5. Berkah

Berkah disini maksudnya ialah bisnis kita rintis ini ialah sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi dari bisnis ini kita jadi lebih sering bersedekah kepada orang yang membutuhkan dan tetap dekat dengan allah. 


Sesi Tanya Jawab

1. Khalifah Sholihah - UNJ :

Apa saja point yang perlu digarisbahawahi dalam menjalankan bisnis yang sesuai dengan hukum-hukum islam, dan beri contoh mengenai bisnis apa saja yang keluar dari hukum islam?

Jawaban : 

• Poin Pertama

Jika ingin menjalankan bisnis islam perhatikan koridor, seperti : 

- ada dewan syariah

- halal atau tidak produk yang kita jual

- kita sebisa mungkin menghidarkan diri dari riba ketika merintis suatu bisnis dan ketika tidak memiliki modal yang besar fokuskan diri pada hal hal disekitar kita bisa dengan reseller atau dropshipper yang bisa dengan mudah dijalankan dengan modal yang dikit atau bahkan tanpa modal

• Poin Kedua

Hal- hal yang keluar dari hukum islam :

- melakukan hal hal yang berfokus pada uang konsumen

- terlibat dalam riba 


2. Aban Dhia - UIN Jakarta :

Bagaimana kita meyakinkan hati kita untuk berbisnis dan mencontoh figur abdurahman bin auf, sedangakn banyak dari kita yang masih minder dalam berbisnis?

Jawaban :

• Poin Pertama

Kita sebagai umat islam, mempunyai sejarah bahwa umat islam memiliki ekonomi yang kuat. Jadi kita harus meyakinkan hati ketika kita berbisnis pasti kita punya uang lebih sehingga kita bisa lebih banyak untuk membantu orang orang disekitar kita dan bisa membawa keberkahan untuk diri kita sendiri dan orang orang disekitar kita. 

• Poin Kedua

Dan ketika masih minder carilah peluang usaha yang dekat dengan kita

motivasi diri dengan perbanyak baca shiroh tentang kisah para sahabat yang sukses sebagai referensi kita dalam berbisnis.


Closing Statement

Dalam memulai bisnis kita sebagai anak muda dalam masa pandemi ini bisa berkontribusi untuk membantu negara dengan meningkatkan tingkat konsumsi yang ada, salah satunya dengan cara merintis sebuah bisnis. Dan kita bisa mencari peluang bisnis yang ada dengan memgcompare masalah yang ada dengan strategi Abdurahman bin Auf yang telah di paparkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages