[Notulensi NOBITA] Sense Of Belonging - CSI FEB
[Notulensi NOBITA] Sense Of Belonging

[Notulensi NOBITA] Sense Of Belonging

Share This


Notulensi NOBITA #2

Sense of Belonging

Ini adalah materi yang amat dasar dan awalan dari sebuah perjalanan kepengurusan organisasi, khususnya Lembaga Dakwah Kampus. Yang mana ketika kita paham akan teori dan mempraktekannya insyaAllah “semestinya” perjalanan dakwah kita kedepan akan lebih ringan, gak gampang pusing, gampang baper, gampang capek dan lainnya. Sense of belonging teh apa ya ??, rasa memiliki, oke, perasaan memiliki sesuatu, yg mana dengan perasaan itu kita jadi punya kepekaan untuk menjaga, menjalankan atau menuntaskan. 

Jadi kita sbnrnya berbicara sense of belonging sama aja kita bicara cinta, cinta yang tulus tapi ya, cinta yg murni, bukan cinta buta atau cinta gombal yg dimulut doang. 

Bahkan orang2 yang sudah memahami urgensi sense of belonging, dia akan cenderung bergerak secara spontan, bisa jadi tanpa stimulan pun dia akan senantiasa bergerak untuk sesuatu yang dicintainya. Nah, itulah kenapa penting banget nih, dlm aktivitas dakwah kita punya yg namanya sense of belonging, rasa kepemilikan terhadap dakwah, terhadap LDK Syahid, sehingga panggilan2 dakwah itu akan kita datengin dgn spontan, tnpa byk mikir. 🔥

Begitu juga ketika dakwah ini kenapa2, diserang, difitnah dan lainnya, kita akan senantiasa menjaga kalau kita sudah punya cinta.

Contohnya sederhana kok, kita punya kosan atau punya rumah, kira2 apa yg kita lakukan dgn kosan/rumah kita ?, kita jaga, kita bersihin tiap hari right ?, nah itu lah sense of belonging, tanpa disuruh pun kita pasti jaga rumah kita. Begitu juga dgn smartphone kita, laptop, buku-buku koleksi kita, atau yang paling penting adalah, sense of belonging terhadap keluarga kita, tanpa diminta pun kita akan jaga ibu kita, adik2 kita, ayah kita, kakak2 kita dan lainnya. 

Kalau HP kita ilang ? apa yg terjadi ? panik ? sedih ? galau ?, stress ?, that’s sense of belonging guys .. Nah apalagi kalau sense of Belonging nya itu udah terhadap dakwah islam, thdp kaum muslimin di seluruh dunia, wah lebih keren si itu. 

Jadi gini guys, kalau kita sudah tau bahwa sense of belonging itu penting, terus gimana si cara menumbuhkannya ?, gimana caranya supaya rasa kepemilikan terhadap dakwah ini ada di dalam diri kita, khususnya rasa kepemilikan atau rasa cinta terhadap LDK Syahid, kira2 begini caranya :

1️⃣ Perhatikan dan maknai janji-janji Allah untuk kader-kader dakwah
 Misalnya di surat Muhammad ayat 7 yang sudah sama2 kita hafal. “wahai orang2 yg beriman, jika kalian menolong agama Allah, maka Allah akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian”. 
Yakin betul sama ayat ini, insyaAllah waktu2 kita, harta dan tenaga kita, yg kita keluarkan utk dakwah, nantinya akan Allah gantikan dgn sesuatu yang amat baik, entah dgn keharmonisan keluarga, kemudahan mendapatkan rezeki, mudah ngafal Qur’an, cepet dapet jodoh dan lainnya. Hal ini bisa kita baca di ayat2 Allah dan hadits Rasulullah, sehingga kita makin semangat & makin cinta sama dakwah. Ayat lainnya ada di Qs. Fussilat:33, di ayat ini bahkan dikatakan bahwa yang paling baik perkataannya adalah seruan2 pada Allah. Kemudian di dalam hadits lainnya
“Siapa yang mencontohkan perbuatan baik dalam Islam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (orang lain), maka akan dicatat untuknya pahala seperti pahala orang yang mencontohnya tanpa dikurangi sedikitpun pahala mereka yang mencontohnya. Dan barangsiapa mencontohkan perbuatan buruk, lalu perbuatan itu dilakukan oleh orang lain, maka akan ditulis baginya dosa seperti dosa orang yang menirunya tanpa mengurangi mereka yang menirunya" (HR. Muslim dari Jarir bin Abdillah ra).

2️⃣ Saksikan & update berita tntg bagaimana perjuangan kaum muslimin dlm menghadapi kedzoliman di Palestina, India, Syria, Uyghur Tiongkok, Rohingnya Myanmar, Mesir dan lainnya, kalau bukan kader dakwah yg masih bersuara sampai saat ini, lantas siapa lagi ?, disini sisi kemanusiaan kita pun diuji, sudah secepat apa kita tanggap thd panggilan dakwah kemanusiaan.

Rasulullah SAW bersabda
''Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam'' (HR Bukhari dan Muslim)

3️⃣ Secara organisasi kita juga harus ciptakan hubungan emosional antar kader, visi dan misi harus seragam, jgn sampai ada yg mudah baper yaa 

4️⃣ Memberikan kesempatan yg sama utk seluruh kader, jangan sampai ada qiyadah atau koor yang gak adil sama anggota2nya, kalau sampai terjadi, "biasanya" sense of belonging kader thdp dakwah, khususnya thd LDK nya akan pudar, karna merasa gak dihargai 🥺

5️⃣  Saling menghormati satu sama lain ya
Qs. Al hujurat: 11

Semoga kita semua Allah berikan kemudahan untuk dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap dakwah ini .. mencintai jalan ini, jalan yg panjang ..


Kalau tadi adalah hal2 yg dapat menumbuhkan, sekarang kami sampaikan hal2 yg dapat merusak sense of belonging khususnya terhadap dakwah :

1️⃣ Lemahnya aspek Tarbiyah. 
Plis yak kader dakwah gaboleh lemah banget dalam hal ruhiyah, jasadiyah dan fikriyahnya. Jangan males ngaji, jangan males olahraga dan jangan males belajar atau baca buku. Believe me, semakin males, semakin susah diarahkan, semakin susah peka thd panggilan dakwah, ini pesan untuk ana juga yaa temen2 .. 😌

2️⃣ Pimpinan organisasi tidak memberdayakan semua anggota
Ini juga bahaya euy, itulah kenapa LDK Syahid pusat sampai ada 13 divisi, karena kita mencoba untuk memberdayakan seluruh kader, jangan sampai ada yang nganggur dalam agenda2 dakwah kampus, sense of belonging akan melemah, dan puncaknya, bisa jadi kader meninggalkan jama’ah.  Kita berbicara tentang pembagian jobdesk atau tupoksi yang sebaik mungkin.

3️⃣ Konflik internal, masing2 mengedepankan egoisme daripada tujuan utama dakwah.

4️⃣ Qiyadah/koor yang lemah.
Qiyadah harus tegas, kuat, dan jangan sampai keliatan lemah dihadapan anggota2nya, itu bisa ngaruh ke psikis anggota 😪

5️⃣ Lingkungan yang tidak mendukung atau buruk
Bisa banget nih bikin kader dakwah mental semental2nya, dimulai dari jarang muncul sampai bener2 hilang. Semoga hilangnya dari LDK bukan hilangnya dari dakwah. 🤲🏻

Semoga Allah jauhkan kita dari hal2 yg dapat merusak sense of belonging terhadap dakwah

Terakhir, ciri2 orang yg sudah memiliki sense of belonging yang mapan terhadap dakwah, kalau hal ini sudah ada didiri antum, Barakallah, kalau belum mari kita sama2 belajar utk lebih baik lg :)

1️⃣ Kita akan selalu mengingat-ingat aktivitas dakwah (Q.S Al-Ahzab : 41-42)

2️⃣ Kita pengen selalu ketemu sama orang2 soleh, atau pgn dakwah terus, kita selalu bergembira dgn aktivitas dakwah ini (Q.S Al-Isra : 9)

3️⃣ Kita menyesuaikan diri dgn yang kita cintai, menyesuaikan diri dalam artian peka dan gercep dengan keinginan si objek yg kita cintai, diimplementasikan dgn konsep sami'na waatho'na (Q.S An-Nur : 51)

4️⃣ Kita rela berkorban untuk dakwah ini, baik pikiran, tenaga, harta, maupun jiwa (Q.S As-Saf : 10-11)

5️⃣ Kita senantiasa membela yg kita cintai, kalau dakwah ini kenapa2, khususnya LDK Syahid diisukan dgn hal2 yg tak benar, kita akan secara spontan kepikiran dan akan bergerak memberikan klarifikasi2 (Q.S Muhammad : 7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages